TOKOH INSPIRATIF BAGI ENTEURPRENER
Musk berkuliah di Queen's University di
Kingston, Ontario, dan pada tahun 1992 ia dipindahkan ke University of
Pennsylvania, Philadelphia, di mana ia menerima gelar sarjana di bidang fisika
dan ekonomi pada tahun 1997. Ia menciptakan berbagai penemuan yang
memberikannya kekayaan. Pada tahun 1999 aplikasinya, Zip2 dibeli oleh produsen
komputer Compaq seharga $ 307 juta, dan Musk kemudian mendirikan perusahaan
jasa keuangan online, X. Musk sudah lama yakin bahwa agar kehidupan bisa
bertahan, umat manusia harus menjadi spesies multiplanet. Musk berusaha
mengurangi biaya penerbangan luar angkasa dengan mengembangkan roket yang
sepenuhnya dapat digunakan kembali yang dapat lepas landas dan kembali ke
landasan tempat peluncurannya. Selain menjadi CEO SpaceX, Musk juga pernah
menjadi kepala desainer dalam pembuatan roket Falcon, Dragon, dan Grasshopper.
Musk telah lama tertarik dengan mobil
listrik, dan pada tahun 2004 ia menjadi salah satu penyandang dana utama Tesla
Motors, sebuah perusahaan mobil listrik yang didirikan oleh pengusaha Martin
Eberhard dan Marc Tarpenning. Pada tahun 2006 Tesla memperkenalkan mobil
pertamanya, Roadster, yang dapat menempuh jarak 245 mil dengan sekali pengisian
daya. Dua tahun kemudian Tesla memperkenalkan sedan Model S, yang diakui oleh
kritikus otomotif atas performa dan desainnya.
Musk menyatakan keberatan tentang Tesla yang
diperdagangkan secara publik, pada akhirnya Tesla menjadi mobil komersil. Elon
Musk yang telah menjadi pemimpin SpaceX juga mengundurkan diri sebagai ketua
Tesla Motors selama tiga tahun, meskipun ia diizinkan untuk melanjutkan sebagai
CEO. Elon Musk membantu mengurangi proyeksi biaya sistem rel berkecepatan
tinggi di California, dengan mengusulkan sistem alternatif yang lebih cepat,
Hyperloop, yang dapat memberikan mobilitas antara Los Angeles dan San Francisco
hanya dalam waktu menit dengan kecepatan tertinggi 760 mil per jam, hampir
seperti kecepatan suara. Musk mengklaim bahwa Hyperloop hanya akan menelan
biaya $ 6 miliar dan menyatakan dengan sistem yang ia ususlkan, transportasi
tersebut dapat menampung enam juta orang yang melakukan perjalanan dengan rute
itu setiap tahun. Namun, dia menyatakan bahwa, antara menjalankan SpaceX dan
Tesla, dia tidak dapat mencurahkan waktu untuk pengembangan Hyperloop.
Seluruh situs web yayasan amal pribadi Elon Musk hanya
berisikan teks yang berbunyi " Grants are made in support
of : Renewable energy research and advocacy, Human space exploration research
and advocacy, Pediatric research, Science and engineering education, Development
of safe artificial intelligence to benefit humanity”
Musk Foundation, telah memberikan banyak
donasi ke masyarakat, bahkan lebih dari yang disebutkan oleh media. Seperti
banyak prestasinya lainnya, Musk secara terbuka memuji kegiatan amalnya, baik
selama krisis air Flint atau di tengah upaya internasional untuk menyelamatkan
tim sepak bola muda yang terperangkap di gua Thailand. Musk telah memberikan
secara pribadi untuk berbagai tujuan dan organisasi, termasuk sumbangan jutaan
dolar ke Sierra Club dan XPrize Foundation, dan hibah $ 1 juta untuk Yayasan
Obama. Tetapi sebagian besar dari pemberian amalnya telah melalui yayasan
swasta ini, di mana dia menyediakan seluruh pendanaannya.
Yayasan Musk telah mendonasikan lebih dari $
54 juta dalam 15 tahun operasi, lebih dari sepertiganya dalam bentuk hadiah
langsung kepada 160 badan amal, menurut analisis pengajuan dengan Internal
Revenue Services dari pendiriannya pada tahun 2001 hingga pertengahan 2017. Donasi
ini banyak masuk ke organisasi advokasi lingkungan, pendidikan, medis dan ruang
angkasa.
Pada tahun 2012, Musk bergabung dengan
miliarder seperti Michael Bloomberg dan Warren Buffett dalam menandatangani The
Giving Pledge, sebuah komitmen dari beberapa orang terkaya di dunia untuk
memberikan sebagian besar kekayaan mereka, baik selama masa hidup mereka atau
setelah kematian mereka.
Musk meluncurkan yayasannya pada tahun 2001,
bersama dengan adik laki-lakinya Kimbal, yang akan menjabat sebagai sekretaris
dan bendahara organisasi. Pada masa-masa awal, yayasan yang dibuat oleh Elon
Musk memberikan donasi kecil dan tidak kontroversial kepada almamater Musk di
Afrika Selatan dan AS, ke badan amal pendidikan lainnya, lembaga luar angkasa,
dan rumah sakit anak-anak seperti Rumah Sakit Anak Seattle dan Rumah Sakit Anak
Los Angeles. Yayasan Musk terus membantu masyarakat, sebagai contoh ketika ada
yang terkena dampak bencana Deepwater Horizon pada tahun 2010 dan gempa bumi
Fukushima pada tahun 2011.
Juga pada tahun 2010, yayasan mengeluarkan $
183.000 untuk membantu meluncurkan Kitchen Community, sebuah badan amal yang
berbasis di Colorado yang dipimpin oleh Kimbal yang menggunakan "taman
belajar" di area yang kurang terlayani untuk membantu anak-anak tumbuh dan
menyiapkan makanan segar.
Antara 2011 dan 2013, yayasan juga memberikan
dua sumbangan $ 50.000 ke sekolah Mirman untuk anak-anak berbakat di Los
Angeles, sekolah yang dihadiri putra Elon Musk pada saat itu. Musk kemudian
memulai sekolah nirlaba miliknya sendiri, Ad Astra, yang terletak di dalam
kantor pusat SpaceX di Hawthorne, California, tempat anak-anaknya sekarang
bersekolah.
Pada tahun 2012, tahun Musk menandatangani
janji pemberian sumbangan ke Rock and Roll Hall of Fame, Yayasan Polisi Los
Angeles, dan organisasi nirlaba untuk wanita profesional dalam dunia perfilman,
televisi New York, dan industri media digital. Selain itu, Yayasan Musk juga
melakukan donasi $ 25.000 sebanyak tiga kali ke Angelenos Against Gridlock yang
melobi untuk perbaikan jalan raya Interstate 405 yang terkenal sangat padat.
- Ragil Arswindo / 118140118 / RB -
Comments
Post a Comment